Hemat sejak prabeli

Hemat sejak prabeli

Kabarnya warga jakarta rata-rata menghabiskan 40% dari total anggaran belanjanya hanya untuk pos kendaraan. Bengkaknya dana tadi lantaran aktivitas sehari-hari manusia memang tak bisa dilepaskan dari sarana transportasi. Baik untuk urusan kerja, sekolah maupun berleha-leha.
Jadi, idealnya niat menghemat BBM sudah dilakukan sejak hendak membeli mobil. Apakah lebih tertarik pada mobil baru atau mobil bekas yang hemat pajak? Mau cari yang silindernya banyak( jago ngebut tapi rakus bensin) atau cuma mesin empat silinder segaris yang lebih irit?
Berdasarkan perhitungan matematis, mesin dengan kapasitas silinder kecil lebih irit ketimbang yang berkapasitas besar. Untuk mesin 1300 cc misalnya volume satu tetes BBM mungkin cuma 0,1 ml. Sementara pada mesin 2000 cc, satu tetes BBM barangkali mencapai volume 0,2 ml. Jadi, jika kedua mesin sama-sama bekerja pada 2000 rpm mesin 4 tak 2000 cc menghabiskan 0,8 liter dan mesin 4 tak 1300 cc hanya mengkonsumsi BBM 0,4 liter saja.
Sekarang, dengan banyak diproduksi mobil-mobil kecil pilihan menjadi lebih beragam. Secara teknis memang mobil-mobil kecil dengan daya angkut minim tak butuh lebih banyak tenaga dibanding mobil besar.
Tambahan informasi kinerja sebuah mobil biasanya ditentukan kapasitas mesin dan besarnya kompresi. Dari situ baru ditentukan daya kuda serta konsumsi BBM yang diminum tiap 100 km. Angka-angka ini yang kerap dikomparasi antar mobil. Untuk mendapatkan mobil idaman, Anda tinggal pilih sesuai spesifikasi dan tingkat kehematan yang dipilig.

0 Response to "Hemat sejak prabeli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel